Explore Singapore in One Day

4/22/2017 02:48:00 PM

"Bril mau ke mana long weekend ini?"
"Mau ke Singapore nih."
"Berapa hari? Ambil cuti?"
"Engga. Jadi Jumat malam berangkat dari Jakarta, terus minggu siang naik kapal ke Batam, dan ambil penerbangan Jakarta malamnya."
"Itungan sehari doang dong, ngapain aja coba. Emang ngga sayang? Kan Batam ngga ada apa-apa."
*cerita tentang Batam saya tulis di sini*

Kira-kira seperti itulah respon orang-orang ketika tahu saya hanya akan menghabiskan waktu di Singapura selama satu hari. Menurut saya, satu hari sudah cukup untuk mengelilingi Singapura asalkan Universal Studio tidak masuk ke dalam itinerary. Kata seorang teman saya yang asli Singapura, "Singapore is boring. You only need one day to know everything about it." Then, let's explore it in one day!

Sebenarnya saya bisa saja mengambil penerbangan langsung dari Surabaya ke Singapura, namun karena saya memilih tiket yang paling murah dan supaya bisa bertemu dengan teman-teman saya di Jakarta, saya mengambil dua penerbangan dengan dua maskapai yang berbeda. Penerbangan pertama dari Surabaya ke Jakarta, saya menggunakan maskapai Lion Air. Sedikit deg-degan sih karena takut delay (you must know well about this, right?), alhamdulillah semuanya lancar. Penerbangan pukul 13.50 tetapi jam 13.25 sudah masuk ke pesawat. Masih santai untuk pindah terminal dan makan sore. Penerbangan kedua dari Jakarta ke Singapura saya menggunakan maskapai Air Asia. Ini kali pertama saya menggunakan maskapai ini, dan ternyata nyaman juga meskipun harga tiketnya cukup murah!

Kami mendarat di bandara Changi pukul 9 malam waktu Singapura. Makan malam sebentar di foodcourt bandara, kemudian menuju ke apartemen teman kami di di daerah Bedok. Karena tidak mau membuang waktu dengan hanya tidur, kami masih sempat keliling di East Coast Park  untuk sekedar mendengar suara ombak hingga pukul 1 pagi.

La La Land versi sekian


Esoknya, petualangan pun dimulai...

1. China Town

Sebagai salah satu negara dengan transportasi paling efisien (tapi tidak secara ekonomi ya), ke mana-mana paling enak dengan menggunakan MRT / bus. Untuk ke China Town, bisa turun di station China Town. 



China Town merupakan salah satu daerah bersejarah di Singapura. Perpaduan antara bangunan lama dan baru menjadi apik dengan banyak toko-toko di sepanjang jalan. Tidak hanya menjual barang-barang khas Tiongkok, tetapi juga ada bisa menjadi salah satu referensi untuk membeli oleh-oleh di negara ini. Jangan lupa untuk mencoba food street nya! Ada gorengan isi keju yang enak!

2. Clarke Quay

Dari China Town, kita bisa naik bus menuju ke Clarke Quay. 




Untuk para selebgram, di sini banyak spot lucu untuk foto dengan bangunan warna-warninya. Kalau mau bisa juga naik wahana Boat Quay atau G-Max Reverse Bungy. Cukup menyenangkan menikmati suasana Singapura siang hari sambil berjalan di area ini. Kalau ke sini malam hari, bisa dipastikan suasananya sangat berubah. Bangunan yang warna-warni tersebut akan berubah menjadi pub dan bar.

3. Victoria Concert Hall dan National Gallery Singapore

Setelah selesai mengelilingi Clarke Quay, kami naik bus menuju daerah Victoria Concert Hall. Hanya berkeliling sambil foto-foto di depan Gedung Parlemen serta masuk ke dalam National Gallery Singapore. Saya pribadi suka dengan suasana di galeri ini. Namun karena tiketnya lumayan mahal kami mengurungkan niat untuk eksplor tempat ini haha.



4. Merlion Park

Cukup jalan kaki sebentar, kami pun sampai di daerah Merlion Park. Namun, tak lama berselang, hujan deras pun turun. Sayang sekali, tapi kami cukup senang karena paling tidak kami sempat mengunjungi salah satu a must-see icon di sini. Kami juga cukup beruntung sudah berfoto di depan Marina Bay sebelum hujan.



5. Bugis Street

Karena terlalu 'mager' jalan kaki ke MRT station, kami memutuskan naik bus menuju ke Bugis. Seperti halnya di China Town, di sini juga merupakan surganya belanja murah, baik itu souvenir, baju atau coklat.

7. Kampong Glam



Selain pusat perbelanjaan, dari Bugis juga bisa melipir ke Kampong Glam untuk berfoto di Haji Lane dan santap makan siang. Oh ya, kami sekalian menunaikan salat dzuhur dan ashar di Masjid Sultan, salah satu ikon tempat beribadah di Singapura. Favorit saya di sini adalah Zam Zam Restaurant yang menyediakan masakan timur tengah. Teh tarik di sini enak!

8. National Orchid Garden 

Sebenarnya tempat ini bukan masuk ke dalam itinerary kami, namun karena owner dari apartemen yang disewa oleh teman saya adalah seorang tour guide, dia memberikan kami tiket gratis ke National Orchid Garden, yang merupakan bagian dari Singapore Botanic Gardens. Bahkan dia juga membayar Uber kami menuju sana dari Kampong Glam.



11-12 dengan Kebun Raya Bogor sih, tapi di sini lebih rapi dan tertata. Kami cukup menikmati waktu kami di sini dengan "hijau" sana-sini.



9. Orchard Road

Orchard Road merupakan salah satu kawasan mahal di Singapura. Mereka yang memiliki apartemen atau kondominium di sini bisa dipastikan adalah orang kaya. Karena kami ke Singapura bukan untuk belanja barang branded, kami sempatkan mampir di sini hanya untuk berjalan-jalan dan makan es krim :)

10. Marine Barrage



Selepas dari Orchard Road, saya bertemu dengan teman Singapura saya. Dengan menggunakan mobil, kami menuju ke Marine Barrage. Marine Barrage ini masih satu kawasan dengan Gardens by the Bay.



Marine Barrage adalah sebuah bendungan yang dikemas apik oleh pemerintah Singapura. Sebagai salah satu supplier kebutuhan air di negara ini, ada taman-taman yang bisa dipakai untuk piknik bersama teman atau keluarga. Di malam hari, kita bisa melihat kota Singapura dengan pancaran lampu malamnya yang gemerlap.

11. Gardens by the Bay



Karena sudah malam, saya hanya sempat berkeliling di sini dan melihat pohon-pohon raksasa buatan. Daerah ini ramai dengan orang-orang yang berolahraga. 

12. Suntec City 

Daerah ini merupakan daerah kota metropolitan pada umumnya, kombinasi antara mall dan perkantoran. Yang menarik di sini adalah terdapatnya Fountain of Wealth di tengah-tengah tower. Filosofinya adalah tower yang mengelilinginya ibarat jari tangan yang memegang kesejahteraan.



Tujuan kami ke sini adalah hanya sekedar untuk fine dinning. Karena teman saya adalah lulusan NUSS dan merupakan anggota club, kami pun bisa makan malam di NUSS Suntec City Club House. Makan malam yang menyenangkan untuk menutup hari melelahkan berkeliling di Singapura!

Begitulah perjalan saya menghabiskan waktu seharian di Singapura. Siapa bilang kita tidak bisa menikmati banyak tempat di Singapore dalam waktu satu hari?

Akhirnya nggak wacana main bareng!


You Might Also Like

0 comments

Subscribe by Email

Subscribe