Tips Sederhana Menghadapi UN dan SNMPTN 2012 !

3/03/2012 11:52:00 PM

Halo bloggies ! Well, baru sempet posting setelah menempuh satu minggu full penuh ujian praktek, try-out di Calon Kampus aku (aamiin ya Rabb) dan try-out UN 2012 pada hari kamis-jumat-sabtu di sekolah. Aku balik lagi nulis nyampah di blog ini dengan atau tanpa bahan apapun. Intinya, ada enggak ada ide tetap menulislah ! Calon penulis kan harus terus menulis, hihi (penulis - pekerjaan sampingan yang aku impikan di masa depan ! nb : wajib meng-amin-i buat kalian yang baca ini #plak)

Yap, lagi bener - bener empty ide, jadi aku mau kasih tips aja, bukan murni tips aku sih (lebih tepatnya saduran dari beberapa sumber dengan atau tanpa perubahan) tapi tips ini ditunjukkan, terutama buat anak - anak kelas dua belas (baca : tiga SMA) yang bentar lagi akan menempuh Ujian Nasional 2012 dan SNMPTN 2012 !

TIPS SEDERHANA MENGHADAPI UN dan SNMPTN 2012 !



Pastikan Asupan Gizi  Cukup Baik !
Kalau saran aku, karbohidratnya enggak usah banyak - banyak, secukupnya. Lebih baik, diperbanyak proteinnya. Soalnya kenapa ? Kebanyakan karbohidrat bikin cepet ngantuk, terus males belajar #curhat.  Jangan lupa sayur, buah, air putih dan susu. Intinya Empat Sehat Lima Sempurna, haha. Paling penting itu jangan sok - sokan lupa makan, jangan menyiksa diri lah ! Keep Healthy  !
  
Olahraga Kecil !
Tubuh butuh gerak juga bloggies ! Olahraga kecil : nyuci, jogging, push up, sit up dan lainnya. Percaya enggak percaya, orang yang olahraga lebih pintar dari yang enggak. Karena, kalau kita olahraga, aliran darah lancar, aliran oksigen lancar, yasudah jadi gampang nyerap pelajaran :)
  
Pegang, Ikat dengan Erat KONSEP DASAR-nya !
Pelajari tiap bab yang ada, lalu ambil Kata Kunci dan Konsep Dasarnya. Misal, pada bab usaha dan energi, kalau menurut aku sih intinya cuma "Usaha adalah perubahan energi potensial, usaha adalah perubahan energi kinetik dan usaha adalah gaya kali jarak". Jadi, kalau ketemu soal bab itu, enggak usah kemana - mana. Pasti baliknya ke konsep dasarnya kok ! Semua balik lagi ke situ !  :')
  
Wajib Latihan Soal !
Latihan soal enggak bisa dipungkiri, sangat sangat perlu ! Tapi balik lagi, jangan terlalu emosi mengejar target, perlahan - pasti - konsisten ! Kalau kita belajar dengan emosi maka hasilnya juga bakal emosi. Emosi ingin segera pergi dari otak kita maksudnya, haha. 
Simpan Banyak Energi Potensial dalam Diri Kita !
Energi potensial yang aku maksud adalah energi positif. Simpan banyak - banyak energi positif dalam diri kita. Karena pada saatnya nanti, energi positif itu akan keluar menjadi bentuk yang sangat indah. Contoh : puasa senin - kamis atau puasa daud, salat malam, salat dhuha, salawatan, dll (bagi muslim)
Berbuat Baik Kepada Sesama !
Sebisa mungkin, jika ada teman atau siapapun yang meminta bantuan kepada kita, dan kita bisa, maka usahakanlah untuk membantu. Semua itu, balik lagi ke point 5 !
  
Meminta Doa Restu !
Meminta doa restu kepada orangtua, nenek, kakek, pakdhe, budhe, dan orang - orang yang menginspirasimu.
Jangan Membuang Waktu !
Gunakan setiap detik waktu yang ada untuk melakukan hal yang berguna dan bermanfaat.
Jangan Gunakan Waktu Istirahat Untuk Belajar !
Tentukan satu hari dimana kamu sangat dilarang untuk belajar. Otak juga perlu istirahat kan ? Kalau aku, aku tidak akan belajar dari sabtu pulang sekolah hingga minggu siang atau minggu sore. Waktu - waktu itu bener - bener aku gunakan untuk wasting time, melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti nonton film, browsing,blogging, writing, etc.
  
Berdoa, Pasrah dan Bersyukur !
Kita berdoa setelah kita berusaha maksimal. Kita pasrahkan semua yang telah kita usahakan. Kita syukuri apa saja yang akan kita terima. Tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan-Nya :')
Mungkin baru itu yang aku lakukan dan aku pikirkan. Silahkan berkomentar jika kamu memiliki tips - tips lain. Let's share ! ^^


You Might Also Like

7 comments

  1. setuju setuju! Akan aku terapkan *akan ujian tahun ini* >.<

    BalasHapus
  2. Nah bukannya Basith masih kelas dua ? :o

    BalasHapus
  3. dan jangan dibawa stress. percuma semua yang diatas dilakuin tapi ujungnya stress.. dan ingaaat tiap pagi saat UN berlangsung bakal ada serangan fajar. tunggu laaaah itu..haha

    BalasHapus
  4. Iyaap bener ! Serangan fajar ? :o baru denger kalo di UN ada serangan fajar, haha. Serangan kayak gimana sih ?

    BalasHapus
  5. siipt, ora et labora..!! berdoa dan belajar, ditambah man jadda wa jadda, pasti hasilnya luar biasa..!! amiiin...

    serangan fajar,
    ada dua cara untuk menjadi yang terbaik : 1. naikan nilai kita, atau 2. turunkan nilai mereka
    nah, serangan fajar ini digunakan oleh "tementemen" kita yang menggunakan cara ke 2, mereka meneror psikologi kita, entah lewat berita, sms atau morning call yang menggalaukan...
    so, stay allert...!!

    keept fighting, keept honest..!!
    keept blogging.. *eh, yang ini agak dikurangin dulu deh... ^^

    BalasHapus
  6. bagus, perlu diterapkan ini,

    balik: http://atdyn.blogspot.com/2012/08/Because-its-me.html

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe