Kurangi Nasi Yuk !

11/24/2012 11:10:00 PM

"Mau makan malam apa hari ini ?", tanya ibu di suatu sore beberapa minggu yang lalu ketika aku di rumah.
"Bukannya tadi udah makan roti ya, Bu ?"
"Iya sih, tapi namanya juga Indonesia... belum makan kalau belum makan nasi !"

Percakapan di atas mungkin sering kali terjadi di rumah atau di sekitar kalian, bukan hanya di rumahku saja. Ketergantungan kita akan nasi memang begitu terasa. Kebiasaan memang sulit diubah ! Sejak kecil kita sudah dipaksa untuk selalu makan nasi-nasi-nasi dan nasi ! Tapi aku yakin, sesulit apapun pasti bisa !

Sekadar menyampaikan fakta, konsumsi beras orang Indonesia dua kali lipat dibanding bangsa lain. Konsumsi beras Indonesia 140 kg per orang per tahun, sedangkan Vietnam, Thailand dan Malaysia HANYA 65-70 kg per orang per tahun ! *pura-pura pingsan*

Kalau dihitung - hitung, kalau kita bisa mengurangi konsumsi 40 kg per orang per tahun, kita bisa menghemat 10 juta ton beras per tahun. Hemat beras kerasa banget lho manfaatnya. Kita bisa saja nggak perlu impor beras lagi. Mengonsumsi produk dalam negeri dan membantu kesejahteraan petani Indonesia B)

Aku pribadi sih sekarang tidak terlalu sering mengonsumsi nasi. Mungkin sehari atau dua hari sekali.
Penulis blog ini bukan marketing lho :| (picture source)
  
Tanya Gimana Caranya Biar Mengurangi Konsumsi Nasi ?

Coba aja makan nasi dua kali sehari saja, terus satu kali sehari dan seterusnya....

Indonesia itu kaya sumber karbohidrat. Ada umbi-umbian, sagu, jagung, kentang, dan lain - lain. Tapi kalau aku sih seringnya ke roti. (Haha, sama saja gandum kan impor ya ? *self-geplak*)

Keuntungan Mengganti Sumber Karbohidrat Selain Nasi :


1. Halo Body  Oke !
Biasakanlah makan kentang, tapi harus direbus. Kandungan lemaknya kecil dan kalorinya besar.

2. Perut Buncit Selamat Tinggal !
Santap saja jagung rebus ~haha

3. Selamat Datang Badan Atletis ! 
Makan saja singkong rebus dan jangan lupa olahraga B) 

Mari ubah gaya makan kalian teman - teman. Biasakan hidup sehat. Indonesia itu beragam lho. Last but not least,  Demi ketahanan pangan kita ..... Be a talented-eater, guys ! 


 

Tulisan ini mengambil referensi dari Komik Konsumen Cerdas, 
Direktorat Pemberdayaan Konsumen 

You Might Also Like

17 comments

  1. emang bener, kalo ngga makan nasi belum kenyang rasanya... hahha namanya juga Indonesia, kulturnya emang udah begitu, jadi sulit juga harus diubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi yakin lah bisa, hanya perlu digencarkan lagi :)

      Hapus
  2. Tips simpel yang bagus, bisa juga buat penderita diabet :)
    Ngomong-ngomong g tau kenapa jadi inget tulisan di manufacturing hope nya DI kemaren yang judulnya "Roti, Sosis dan Nogosari Setelah Radiasi"

    BalasHapus
    Balasan
    1. *langsung meluncur ke blognya Pak Dahlan Iskan*

      Hapus
  3. tapi masak aku kurus gini nggak makan nasi mbak? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha~ wah mungkin buat kamu pengecualian ya dek ? :DD

      Hapus
  4. yg jelas, kalo udah makan nasi terus kekenyangan jd ngantuj.huehehe
    tapi bener sih, bahkan kalo perang, tetara indonesia cukup kasih makan aja sampe ngantuk. Huehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. porsi kuli plus plus kali ya ? lol haha

      Hapus
  5. Orang Indonesia : Makan tanpa nasi ibarat cebok pake tissue, engga sah. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa makanan harus di compare sama cebok ? :|

      Hapus
  6. tergantung tujuan makan sih,mau kenyang atau isi perut, pengen kenyang yaa nasi paling efektif , mungkin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kalau tujuannya isi perut, ntar mesti makan lagi dong biar kenyang kak ? ~haha.

      Hapus
  7. Aku niat makan roti tawar sebungkus, masih laper, makan nasi lagi -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bungkus kecil ? salah siapa :|
      kalau males makan nasi nih,
      sarapan = 2-3 slice roti tawar
      makan siang = 4 slice roti tawar :DD haha
      tapi nggak roti doang, ada sayur dan lauk ~lol

      Hapus
  8. hahahaaaaa
    salah satu tips buat diet juga nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya brad, *lihat perut buncitnya brader*

      Hapus
    2. hahhaaa,,ngece kiee !!!!
      awas klo ketemu ntar kaget lho lihat q yg sekarang..wkwkwkk

      Hapus

Subscribe by Email

Subscribe