Frequently Asked Question Universitas Bakrie

1/18/2013 07:35:00 PM


Berhubung banyak banget yang nanyain tentang Universitas Bakrie, aku tulis dan share di sini aja yaa.. Jawaban dan pertanyaan di postingan ini, dapet referensi juga dari blog kak Juwai :)

Let's Read !! 

Universitas Bakrie letaknya dimana sih ?

Universitas Bakrie (UB) terletak di Kawasan Rasuna Epicentrum  Jl. HR Rasuna Said Kav C–22, Kuningan, Jakarta Selatan dan  berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bakrie.  Untuk gampangnya, Universitas Bakrie  berada pada satu bangunan yang sama dengan Plaza Festival, Kuningan. 

Akses ke kampus juga terbilang sangat mudah, kalau naik transjakarta turun di halte GOR Soemantri terus tinggal masuk aja ke area GOR Soemantri nanti ada Universitas Bakrie yang berada di dalam Plaza Festival.

Ada apa aja program studi di dalamnya ?

Saat ini Universitas Bakrie memiliki 10 program studi, yaitu : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknik Informatika, Teknik Industri, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, dan Teknik Sipil. Sampai tahun ini, program studi yang sudah terakreditasi adalah manajemen dan akuntansi (karena baru dua prodi ini yang baru memiliki lulusan alumni).

Bagaimana  fasilitas kampus ?
 
Meskipun belum lama berdiri dan memiliki gedung yang tidak terlalu besar, Universitas Bakrie menawarkan fasilitas yang mumpuni. Full AC mulai dari kelas, koridor hingga lobi. Lantainya bersih mengkilap, tak ada setitik debupun menempel, ruang kelas yang sangat nyaman serta dilengkapi papan tulis layar sentuh (smart board) untuk beberapa kelas atau dengan papan kaca tembus pandang, perpustakaan memiliki buku yang bagus dan  lumayan lengkap, serta yang paling mengesankan adalah toilet. Toilet yang berkelas. Bersih, kering, tanpa becek dan bau, bahkan ada shower. :D Ada beberapa dispenser juga yang airnya boleh diambil oleh semua mahasiswa, gratis. *biasanya kalau ke kampus bawa tempat minum kosong, nanti tinggal ambil aja airnya di kampus :D* Ada loker juga buat mahasiswanya.

Selain itu, ada juga Bakrie Language Solution (BLS) yang memberikan pelatihan untuk menghadapi tes TOEFL (dan gratis), Inkubator Bisnis (B-Prenuer) yang merupakan wadah pendorong pengembangan wirausaha di kalangan mahasiswa, Laboratorium Komputer, Kimia dan Bahasa, dan lain – lain.

Fasilitas lain adalah buku-buku untuk kuliah dipinjami secara langsung yang dapat diambil setiap semester setelah melakukan KRS. Buku-buku kuliah juga merupakan buku asli dan import.

Dalam melaksanakan pembelajaran, Universitas Bakrie tidak hanya memberikan dosen yang berkualitas, tapi juga mendatangkan dosen dari luar yang bukan berasal dari akademisi melainkan merupakan direktur maupun partner perusahaan. Jadi, kita tidak hanya belajar tentang materi, tetapi juga akan tahu tentang keadaan dunia kerja yang nyata. 


Bagaimana Kawasan Kampus dan Sekitarnya ?

Universitas Bakrie terletak di Kawasan Rasuna Epicentrum yang merupakan kawasan segitiga emas Jakarta. Jadi, Universitas Bakrie dikelilingi berbagai fasilitas umum yang lengkap seperti Epicentrum Walk, Pasar festival, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Apartemen Taman Rasuna, Bakrie Tower, Elite Club (Pusat Kebugaran), Cinema XXI, Gedung ANTV dan TVOne. Oh ya.. Universitas Bakrie itu kampus di dalam mall. Fyi, kalau mau ke kelas atas (lantai dua), kalau lewat dalam harus ngelewatin AW, Breadtalk, dan sejenisnya dulu :DD Disamping itu kawasan epicentrum juga memiliki Shuttle Bus yang bisa digunakan sebagai alat transportasi menuju kampus. Kita nggak  perlu bayar buat pakai Shuttle Bus ini.

Beasiswa S1 Universitas Bakrie ?

Setiap tahun, beasiswa Universitas Bakrie berbeda-beda. Untuk tahun ini (2014) ada 3 beasiswa, yaitu BEASISWA UNGGULAN (4 tahun beasiswa dari KUB dengan minimal IPK 3.0 setiap semester), BEASISWA GEMILANG (Potongan Biaya 50%) dan BEASISWA CEMERLANG (Potongan Biaya 30%). Beasiswa tersebut ditentukan oleh nilai kalian sewaktu mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) atau UMB-PTN. Info lebih lengkap cek saja www.bakrie.ac.id dan www.usm.bakrie.ac.id.
Skema Beasiswa Universitas Bakrie

Bagaimana dengan Jalur Masuknya ?

Untuk tahun ini, jalur masuk berupa USM. Semacam test gitu. Ujian terdekat bulan Maret, tetapi hanya dilaksanakan di Universitas Bakrie. Namun biasanya, Universitas Bakrie akan ikut UMB-PT (Ujian semacam SNMPTN  tapi untuk universitas swasta dan beberapa negeri) yang biasanya dilaksanakan sekitar bulan Juni-Juli. Fyi juga, banyak kok teman-teman yang dapet beasiswa full 4 tahun dari test ini.  Pokoknya, sering-sering cek aja di website-nya.

Bagaimana dengan dosennya?

Menurut pandanganku pribadi, dosen di sini memiliki standard tertentu yang cukup baik. Selain diajar oleh dosen-dosen lulusan universitas ternama baik di dalam maupun di luar negeri, kami diajar juga oleh dosen-dosen yang juga praktisi perusahaan. Ada pula pengusaha yang menjadi dosen untuk mengajar mata kuliah entrepreneurship. Sering ada Guest Lecture yang mengundang mereka-mereka yang ahli di bidangnya. Benar-benar pengajar yang berpengalaman dan jelas bisa memberikan ilmunya !

Dosen disini juga baik sekali. Sebelum UAS, ada dosen yang memberi coklat-ukuran-besar untuk masing-masing mahasiswanya, ada juga yang coklat ukuran kecil, terus ada juga dosen yang mentraktir mahasiswanya J.co, Pizza, dll... :DD Tetapi, seperti kampus lain juga, disini ada juga sih dosen yang galak dan “pelit nilai”. Tapi, untungnya setiap semester selalu ada Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) semacam survei untuk mengukur kemampuan dosen, sehingga bisa mengurangi ketidakcocokan antara cara mengajar dosen dengan cara mahasiswa menerima pelajaran.

Apa Semua Mahasiswa Universitas Bakrie Itu Adalah Mahasiswa Buangan Yang Tidak Diterima Perguruan Tinggi ?

SALAH! Mahasiswa di sini (yang kebanyakan beasiswa) adalah mahasiswa terpilih yang mengikuti beberapa ujian saringan masuk. Untuk angkatan 2012, malah ada juga pmdk untuk beberapa sekolah yang dipandang bagus dan terbatas tiap sekolahnya. Banyak juga teman yang sudah lolos perguruan tinggi (seperti UI, UGM, ITB, dll), tetapi memilih Universitas Bakrie.

Apakah Ada Kontrak Kerja Setelah Lulus Dari Universitas Bakrie?

Tidak ada! Kami bebas setelah lulusan akan bekerja atau meneruskan S2 di mana pun.

Bagaimana Lulusannya ?

Sebagai Universitas yang belum lama berdiri, lulusan Universitas Bakrie kadang masih dipandang sebelah mata dalam hal bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain. Akan tetapi,  lulusan Universitas Bakrie mampu membuktikan bahwa mereka patut diperhitungkan. Terbukti banyak lulusan Universitas Bakrie yang saat ini magang bahkan sudah bekerja di perusahaan besar seperti Unilever, Pertamina, CHEVRON, Big 4 KAP Dunia, dan perusahaan-perusahaan besar lain yang namanya aja keren :)

Bahkan 84,08% lulusan sampai tahun 2012 memiliki masa tunggu 0 bulan dan sudah bekerja :)

Bagaimana proses belajarnya?

Saran kami, jika bahasa inggris kalian kurang lancar, maka perbaikilah sebelum masuk ke kampus ini. Semua buku kami adalah buku-buku dari luar negeri yang jelas bahasanya adalah bahasa inggris. Slide yang ditampilkan dosen juga menggunakan bahasa inggris semua, kecuali mata kuliah agama dan bahasa indonesia.

Bagaimana Beban Kuliah?

Jika kehadiran kalian tidak sampai 80% dari total kehadiran, maka kalian tidak bisa ikut ujian semester. Tapi itu bukan beban sih, toh yang penting kita totalitas aja dimanapun kita berada :)

Selain Kebaikan, Apa Saja Buruknya Kampus Universitas Bakrie ?
AC-nya terlalu dingin ! :D Serius, berasa di kutub utara loooh.. :D Selain itu, ukuran kampus yang sekarang terlalu kecil untuk jumlah mahasiswa yang semakin bertambah. Untuk masalah akademik sendiri, sayangnya di Universitas Bakrie tidak ada semester pendek dan double degree.

Biaya kuliah di Universitas Bakrie bagi jalur reguler?
Sekitar 9-15 juta per semester (tergantung sks yang diambil). Untuk biaya masuk pertama kali, semua prodi  membayar sebanyak 16juta.

Berapa Biaya Hidup di Sekitar Universitas Bakrie?

Biaya hidup rata-rata mahasiswa Universitas Bakrie sekitar 1 juta – 1.5 juta per bulan (udah sama kosan). Sedangkan biaya sewa kost per bulan berkisar dari 300 ribu – 1 jutaan. Memang biaya hidup di kawasan sekitar kampus Universitas Bakrie sedikit lebih mahal dikarenakan lokasinya yang merupakan kawasan bisnis di Jakarta. Tapi kembali lagi untuk individu masing-masing, bagaimana mengatur diri untuk menjaga pengeluarannya :)



Profil Fakultas dan Jurusan serta Prospek ke Depannya :
Bisa dilihat di brosur yang ada di website www.bakrie.ac.id

Oke itu aja sih..
Ada pertanyaan lagi, silahkan bertanya di sini :))

Untuk tahu Universitas Bakrie lebih dalam, bisa juga membaca tulisan-tulisan saya tentang kampus yang ada di sini http://bdhpian.blogspot.com/search/label/Kampus%20Maroon

You Might Also Like

22 comments

  1. okeh...pesen kursi satu ya mbak :D

    BalasHapus
  2. permisi boleh minta email? terima kasih sebelumnya :)
    aku minat masuk UB, mau tanya" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, email aku : putri.briliani@yahoo.com

      Hapus
  3. apa gak salah tuh.menurut brosur sih urutan program beasiswa 1. unggulan 2. cemerlang 3. gemilang

    BalasHapus
  4. permisi,, saya mau nanya dong. saya mendapat sms dari UB katanya saya mendapat Beasiswa Gemilang dari UB prodi ilmu komunikasi dari hasil mengikuti cyber test. apakah itu smsnya benar atau tidak?

    mohon dibalas ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanya kepada pihak kampus secara langsung ya di kontak yang ada di website. :)

      Hapus
  5. bagaimana biasanya tolak ukur untuk bisa mendapatkan beasiwa unggulan, gemilang atau cemerlang? hasil usm nya harus gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolak ukurnya harus sebaik-baiknya saja mengerjakan soal USM tersebut, karena yang menilai adalah tim SPMB langsung, pihak ketiga bukan dr UB.

      Hapus
  6. kalo untuk manajemen bisnis untuk biaya masuk dan biaya per semestarnya berapa ya?
    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud kamu Manajemen?
      Untuk kelas S1 biasa atau karyawan?

      Hapus
    2. kelas karyawan mbak.... cari sana sini gak ada info biaya masuk spp dll
      mohon info nya

      Hapus
    3. Nanti akan saya bantu carikan insyaallah.

      Hapus
    4. coba buka http://mm.bakrie.ac.id/

      Hapus
    5. Thanks bgt mbak info nya
      Tp itu bmt MM
      Yg saya cari info tntang kelas karyawan, program nya emang masi baru
      Saya email ke admin kampus jg blom dijawab2
      Thanx

      Hapus
  7. mau nanya dong, kan sekarang ada jalur khusus un nah itu kalau keterima lgsg dapet beasiswa gemilang, nantinya bisa ngajuin beasiswa yg unggulan ga ya ?

    BalasHapus
  8. Sebelumnya sih kalau misal dapat IP minimal 3,50 otomatis langsung dapat beasiswa full. Tapi mulai tahun ini dihentikan kebijakan tsb. Jadi tidak bisa naik ke beasiswa unggulan.

    BalasHapus
  9. mba mulai ajaran baru atau ospeknya universitas bakri kapan, dan kalau dapet beasiswa gemilang bisa gak naik mendapatkan beasiswa full, mohon di jawab ya mba terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya september. Kalau jaman aku sih bisa. Kalau yang sekarang aku kurang tahu. Langsung hubungi admisi aja ya :)

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Kak boleh minta id line nya buat nanya" UB biar leluasa

    BalasHapus
  12. Kalo b inggrisnya masih jelek gmna ka ? ;(*

    BalasHapus
  13. Bagi kamu yang baru lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau para pegawai dan karyawan swasta ingin bisa kuliah murah di Bandung…? STMIK IM dan STIE STAN IM pilihannya, disamping letak kampus yang strategis dan dilalui banyak kendaraan umum tentunya dapat mempermudah akses lho…apalagi kampus kita dekat dengan jembatan pelangi antapani yang menjadi ciri ikon kota bandung.
    info lebih lanjut silakan kunjungi http://www.imandiri.id

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe