See You Bandung at IYF 2013 !

3/31/2013 11:21:00 AM

Halo, penghujung bulan maret ! Finally, i can touch this lovely blog. Terimakasih tak terhingga untuk long weekend yang hadir di sela - sela bulan marathon ini. Pada kesempatan --yang-mengijinkan-aku-untuk menulis-- ini, aku akan sedikit bercerita tentang Indonesia Youth Forum 2013.

Beberapa waktu lalu, ada sebuah email yang masuk di dalam spam. Aku kira hanya ulah spammer - spammer tak bertanggungjawab yang mengirimkan email tidak jelas. Namun, ternyata ....


Tuhan mengijinkan aku untuk menjadi bagian dari 200 delegasi yang dipilih dari 1013 aplikasi yang masuk. Luar biasa ! Indonesia Youth Forum 2013 (IYF 2013) akan menjadi forum pertamaku. Salah satu impian ketika aku duduk di bangku menengah atas dulu adalah aku ingin sekali terlibat dan menjadi bagian dari forum pemuda Indonesia. IYF 2013 insyaallah akan diadakan pada tanggal 23 - 26 Mei di Bandung.

Proses seleksi tidak begitu berbelit - belit. Pertama, menjawab 5 pertanyaan. Aku membutuhkan waktu beberapa hari untuk berpikir akan menjawab apa. Meskipun hanya 5 pertanyaan, tapi pertanyaan itu begitu menentukan. Pertanyaan seputar menceritakan diri sendiri, deskripsi social project, tujuan mengikuti IYF, dll. Kunci dari menjawab pertanyaan dalam proses seleksi apapun adalah jujur. "Jujur membuat jawaban kamu mengalir dengan sendirinya." Selanjutnya, dari semua aplikasi yang masuk (1013 aplikasi) diambil 250 orang untuk melakukan interview.

Aku kira wawancara akan dilakukan menggunakan video call melalui skype. Satu jam sebelum wawancara, aku mandi dan memakai baju yang pantas (aku mendapat jadwal wawancara pada hari libur, and you know, holiday means no take a bath). Satu menit sebelum jadwal wawancara, aku bercermin, merapikan jilbab yang aku kenakan. Ketika dimulai, ternyata bukan video call yang masuk, melainkan call biasa. Oke, di sini aku sedikit menyesal kenapa tadi harus mandi dulu.

Seperti wawancara - wawancara yang pernah aku ikuti, aku selalu merasa bahwa aku menjawab pertanyaan - pertanyaan yang diajukan dengan tidak maksimal. Namun, aku tahu bahwa aku sudah melakukan yang terbaik. Dan semacam kelegaan yang luar biasa ketika namaku terpampang pada list Official Delegates of Indonesia Youth Forum 2013 :')

Dua bulan lagi bulan mei, can't wait and join seluruh rangkaian kegiatan IYF 2013. IYF 2013 memiliki banyak sekali rangkaian kegiatan, diantaranya :





Oh ya, delegasi juga mendapatkan beberapa tugas sebelum kegiatan IYF ini berlangsung. Tidak harus aku paparkan di sini kan ? :P

Selain itu, aku juga harus bergerak untuk mencari bantuan keuangan yang akan digunakan sebagai biaya pendaftaran sebesar 300ribu dan biaya transportasi menuju Bandung.
Last not least, see you, all of Official Delegates Indonesia Youth Forum 2013 and see you, Bandung !






You Might Also Like

1 comments

Subscribe by Email

Subscribe