[Enjoy Jakarta] Adiksi di Utara Jakarta

7/25/2013 08:06:00 AM

Ibarat keripik singkong level tertentu yang nagih dan pengen nambah dan nambah lagi, begitu pula sifat untuk menggambarkan keadaan Kepulauan seribu yang terletak di utara Jakarta. Datang ke salah satu dari ratusan pulau yang menjadi gugusan kepulauan tersebut, akan membuat kita terkena adiksi untuk datang lagi ke pulau yang sama bahkan ingin menjelajah lebih luas ke pulau-pulau lainnya.

Sebut saja Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa dan pulau-pulau lain baik yang sudah berpenghuni maupun belum, memberikan sensasi keindahan alam tersendiri yang membuat kita tak henti-hentinya bersyukur kepada Yang Maha Memberi Hidup.

-----------------------
Perahu motor yang cukup sederhana yang mampu membawa kita ke pulau yang dituju (sumber gambar: di sini)

Perahu motor melaju. Sekelompok homo sapiens yang berada di atas perahu  menikmati perjalanan dengan cara masing-masing. Perjalanan bertolak dari pulau Jawa, lebih tepatnya dari kota Jakarta atau Tangerang. Ada yang tidur, foto-foto, memainkan sebuah permainan seperti uno atau bahkan diam saja menikmati tiap hembus angin laut yang menerpa. 


Menuju salah satu  dari ratusan pulau yang ingin disinggahi, ada dua pilihan perahu yang bisa dipilih. Perahu yang cepat yang membutuhkan waktu hanya kisaran 1 jam atau perahu motor yang cukup sederhana yang membutuhkan waktu tempuh 3-4 jam. Meskipun sederhana dan harga terjangkau, perahu tersebut dijamin aman dan selamat sampai tujuan karena juga dibekali pelampung warna jingga yang disediakan oleh si pemilik perahu.

Perahu motor menepi. Sekelompok homo sapiens turun dan mulai menyentuh bibir pantai. Coba ketika kamu sampai di salah satu pulau berdirilah tegak menghadap laut lepas di ujung pantai dan tutup matamu. Dan permainan baru-akan-dimulai! Kamu akan merasakan hembusan angin segar dan sehat tanpa banyak polusi. Ketika kamu membuka mata, kamu akan disambut dengan laut biru dan pantai yang hampir semua  bersih (iya hampir, karena tidak setiap pulau memiliki pantai yang bersih) serta pepohonan dari ujung pulau lain. Dimana lagi kamu akan menemukan pulau yang diapit oleh banyak pulau dengan jarak yang yang bisa dibilang cukup dekat? Yap, you just find it in Kepulauan Seribu! :)

Di Kepulauan Seribu, you can enjoy earthly paradise yang berada di bawah maupun di atas lautan Kepulauan Seribu.

1. Menikmati Surga di Bawah Laut
Menikmati surga di bawah laut Kepulauan Seribu dapat dilakukan dengan snorkling, diving, dan lain-lain. Untuk snorkling sendiri hanya mengeluarkan beberapa lembar rupiah, kamu dapat menyewa satu set perlengkapan untuk snorkling.   Dengan snorkling, kamu akan diberi kesempatan untuk "bermain" dengan laut biru-bersih-segar sekaligus dapat melihat ikan atau terumbu karang di dalamnya. You know, that's great enough to try!
Snorkling adalah salah satu kegiatan ketika berlibur di Kepulauan Seribu (sumber gambar: di sini)

2. Bermain Permainan Air
Bermain di sini maksudnya adalah bermain dengan permainan-permainan yang berada di area Kepulauan Seribu, salah satu contoh adalah banana boat. Siapa yang tidak suka bermain air? Kombinasi antara dinginnya air laut, segarnya angin dan kesenangan tak terkira yang sangat menyenangkan untuk dinikmati. Sayangnya, tidak semua pulau menyediakan permainan ini.

Bermain Banana Boat di Pulau Tidung, salah satu pulau di Kepulauan Seribu (sumber gambar: di sini)

3. Menikmati Surga Di Atas Laut
Tanpa menyentuh air laut sekalipun, ketika berada di Kepulauan Seribu, keindahan Kepulauan Seribu sudah dapat kita nikmati. Banyak hal yang dapat dilakukan dan dinikmati meskipun raga kering tanpa terkena air, seperti bermain pasir pantai, berdiam menikmati deburan ombak, bercengkerama dengan saudara dan teman atau melihat matahari terbit dan tenggelam yang sangat romantis untuk dilihat. Ketika malam tiba, kedamaian akan merasuk ke dalam jiwa kita. You can image jika kedua mata disuguhi oleh langit yang berbintang (apabila langit sedang cerah), hamparan air laut, sejuknya angin malam dan ditambah keindahan sisi-sisi pulau sekitar.

Menikmati Matahari Terbit di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta (sumber gambar: di sini)

Perahu motor melaju lagi. Meninggalkan jejak kaki di wilayah Kepulauan Seribu. Sekelompok homo sapiens berharap untuk menjelajah lagi di lain kesempatan. Sebuah perjalanan yang sebenarnya tidak akan mampu diceritakan tanpa merasakan sensasi dan menikmati keindahannya secara langsung. Sampai jumpa Kepulauan Seribu! Let us explore you more!




sumber referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Thousand_Islands_(Indonesia)
http://www.jalanjalanpulauseribu.com/
http://pulauseributraveling.com/




  

You Might Also Like

7 comments

  1. Waktu dulu pertama kali ditidung pantainya masih bersih, sepi, tapi enak. Tapi sekarang tercemar.... dan udah nggak minat lagi -_-

    BalasHapus
  2. sungguh mempesona,, indahnya tiada tara

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe