Pengalaman U-Finance Camp 2016

5/23/2016 10:54:00 AM

Setelah hampir dua bulan tidak menulis di blog, tulisan saya kali ini akan sedikit informatif mengenai pengalaman saya mengikuti Unilever Finance Camp (U-Finance Camp) pada pertengahan bulan Mei 2016 lalu. Alasan lain adalah karena U-Finance Camp sendiri masih tergolong baru sehingga masih belum banyak yang mengulas atau berbagi pengalaman tentang apa saja yang dilakukan selama 3 hari 2 malam mengikuti U-Finance Camp.


U-Finance Camp merupakan bagian proses rekrutmen dari UFLP (Unilever Future Leaders Programme, sebuah program Management Trainee dari Unilever) khususnya pada bidang Finance. Selain Finance, UFLP juga membuka kesempatan untuk kamu yang tertarik berkarir dibidang Supply Chain, Marketing dan Human Resource. Namun saya kurang tahu bagaimana proses UFLP dibidang selain Finance, apakah ada camp juga atau langsung final assignment selama satu hari.

Sebelum saya membahas khusus tentang U-Finance Camp, ada beberapa tahap seleksi yang harus diikuti untuk bisa terpilih menjadi UFLP Finance, yaitu:




1. Online Registration

Saya mengisi registrasi online kalau tidak salah sekitar bulan Maret. Tinggal menulis informasi umum sesuai instruksi saja menggunakan bahasa inggris. Selain CV, juga ada dua esai yang harus diisi, yakni mengenai describe time with an idea dan describe a time when you spotted an opportunity and made it happen. Cukup mengisi dengan jelas dan jujur. Untuk esai, ada kerangka pengisiannya, yaitu dengan menggunakan konsep STAR (Situation - Task - Action - Result).

2. Online Test
Setelah selesai melakukan registrasi secara online, tidak lama kemudian kamu akan mendapatkan email untuk mengikuti online test. Online test ini tidak harus langsung dikerjakan karena kita diberikan waktu maksimal 7 x 24 jam setelah mendapatkan email. Saran saya, pastikan koneksi internet bagus. Ada pengalaman gagal lanjut ke tahap berikutnya karena koneksi internet yang mati. 

Online test dibagi menjadi dua jenis, yaitu numerical dan logical. Jika skor pada numerical test tidak sesuai standard, otomatis tidak bisa mengikuti logical test. Pastikan mengerjakan dalam keadaan nyaman, persiapkan alat tulis dan kalkulator. Sebelum mengikuti tes, Unilever juga memberikan kesempatan untuk berlatih dulu. :)

3. Online Form
Sekitar pertengahan bulan April, saya mendapatkan email tentang proses seleksi UFLP. Pada email tersebut, saya diharuskan mengisi online form dari link yang tercantum pada email. Form tersebut berisikan beberapa esai pendek seperti why did you choose above function for UFLP serta indicate events and experience you consider to be influential to shape yourself today beserta key learning nya.

4. Online Interview
Sebenarnya online interview ini tidak wajib karena ada peserta U-Finance Camp yang mendapatkan undangan interview dan ada juga yang tidak. Kebetulan saya mendapatkan undangan untuk online interview menggunakan semacam aplikasi yang diunduh melalui link yang tercantum pada email. Pertanyaan interview seputar mengapa memilih finance, apa yang diketahui tentang finance di Unilever dan pertanyaan umum lainnya.

5. Unilever Finance Camp (U-Finance Camp)
Seminggu setelah online interview, saya mendapatkan undangan untuk mengikuti U-Finance Camp 2016, sebagai proses seleksi UFLP. Pada email disebutkan bahwa akan ada 35 mahasiswa terbaik dari jurusan akuntansi (+ finance & manajemen) dari universitas ternama di Indonesia. Saya langsung deg-degan serius haha. Gimana bisa saja nggak deg-degan? Saya yakin bahwa saya akan bertemu dengan banyak mahasiswa ambi dan berprestasi di situ. :)

U-Finance Camp dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di Graha Unilever, Jakarta dan di Mega Mendung Learning Center, Bogor. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi semua ditanggung oleh Unilever, termasuk tiket pesawat PP dan travel.

  • Hari Pertama: Pengenalan Divisi Finance di Unilever
Pengenalan tentang Unilever dan divisi Finance yang ada di Unilever dilakukan di Graha Unilever. Hari ini juga pertama kalinya bertemu dengan seluruh 35 mahasiswa yang menurut saya, nggak ada yang nggak hebat. Paling banyak berasal dari UI, UGM, UNPAD dan SBM ITB. Saya satu-satunya dari Bakrie, dan ada juga yang dari UNDIP, UNPAR dan UNAIR.

Seluruh peserta U-Finance Camp bersama CFO Unilever Indonesia.


Sore harinya, kami semua bertolak ke Mega Mendung Learning Center Unilever, yang beda tipis sama hotel berbintang. Kami juga bisa menggunakan semua fasilitas seperti gym, kolam renang, karaoke, jogging track dan es krim sebanyak apapun kamu bisa makan. Who doesn't like ice cream, huh? Kami juga sudah dibagi menjadi 6 kelompok, yang terdiri dari 5-6 orang.

  • Hari Kedua: Case Preparation & Presentation
Hari yang paling melelahkan menurut saya. Setelah olahraga pagi dan sarapan, kami langsung mengerjakan case tentang finance selama kurang lebih 4,5 jam. Case yang diberikan terkait dengan pricing strategy, supply chain cost, advertising & promotion cost, accounting journal dan risk mitigation. Selama pengerjaan akan diawasi oleh direktur/manajer finance Unilever dan assessor dari HR. Apapun yang kita lakukan selama pengerjaan ini akan dinilai oleh mereka. Kurang lebih bersikaplah seperti tips FGD pada umumnya, yakni tidak dominan dan kontributif. Setelah itu, masing-masing kelompok diberikan waktu selama 30 menit untuk presentasi dan Q&A dihadapan CFO, para direktur dan para manajer. 

Pada malam hari, diumumkan 10 orang yang berhak mengikuti UFLP Assessment Centeri. Sayangnya, saya tidak lolos pada tahap ini. Kami juga diberikan feedback tentang mengapa kami tidak terpilih ke tahap akhir secara empat mata bersama HR. Saya memang menyadari bahwa I didn't give my best and lack of preparation. Dari feedback tersebut saya bisa merefleksikan apa yang kurang dari saya dan akan berusaha memperbaikinya di kesempatan berikutnya, di manapun saya berada nanti.

  • Hari Ketiga: UFLP Assessment Center
Hari ketiga ini, 10 orang yang lolos mengikuti UFLP Assessement Center, yang terdiri dari role play (semacam diberikan case juga) dan interview. Untuk yang tidak lolos, kami jalan-jalan ke Curug dekat dengan MMLC. Setelah makan siang, pada hari itu juga diumumkan siapa saja yang lolos menjadi UFLP Finance. Ada 3 orang yang terpilih. Mereka berasal dari UI, SBM ITB dan satu lagi lulusan S2 di kampus di Melbourne. Selain 3 orang yang lolos UFLP, pihak HR mengatakan bahwa masih terbuka lebar kesempatan untuk direct hire bagi seluruh finalis.

Curugs Squad

Meskipun saya tidak lolos hingga tahap akhir, saya cukup senang karena setidaknya saya mendapatkan pengalaman berharga dan teman-teman baru yang inspiring dan menyenangkan. Semoga pengalaman ini bisa membuka kesempatan terbaik berikutnya.

"When one door closes, another opens; but we often look so long and so regretfully upon the closed door that we do not see the one which has opened for us." - Alexander Graham Bell

You Might Also Like

3 comments

  1. Saya juga sudah mencoba mendaftar program ini sekitar pertengahan bulan Mei & sudah mengisi step 1 seperti di blog anda tapi saya tidak menerima pemberitahuan untuk mengikuti online test

    BalasHapus
  2. Saya juga sudah mencoba mendaftar program ini sekitar pertengahan bulan Mei & sudah mengisi step 1 seperti di blog anda tapi saya tidak menerima pemberitahuan untuk mengikuti online test

    BalasHapus
  3. wah saya jadi pingin mencoba untuk ikut ini, terima kasih untuk tulisannya kak.

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe