Hal Yang Dilakukan Sebelum Terjun ke Dalam Organisasi

2/18/2015 11:13:00 AM

Beberapa waktu lalu di akun ask.fm, ada satu orang tanpa nama yang bertanya kepada saya tentang tips bergabung ke dalam organisasi. Saya sejujurnya senang ada yang menanyakan hal ini kepada saya. Artinya, semakin banyak yang sadar bahwa terlibat dalam organisasi dalam dan (sangat saya sarankan) luar kampus, merupakan sarana belajar yang begitu besar, terutama untuk ilmu-ilmu di bangku sekolah maupun kuliah.

Entah disebut tips atau bukan, menurut saya, setidaknya ada 4 hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk bergabung dan terlibat dalam satu organisasi:

1.     Tujuan

Kita harus tahu apa tujuan kita ingin terlibat dalam organisasi tersebut. Bukan sekadar gaya-gayaan atau hanya terlihat keren di curriculum vitae. Apakah kita ingin belajar atau memperluas networking atau menyalurkan apa yang menjadi passion kita.

Kebetulan saya juga bergabung di beberapa organisasi selain Young On Top. Di Sinergi Muda misalnya, saya memutuskan untuk bergabung karena pemberdayaan anak muda untuk memberikan kontribusi lebih kepada negara adalah salah satu passion saya ketika saya duduk dibangku menengah atas. Untuk tujuan mengapa saya bergabung di Young On Top pun bisa dibaca pada tulisan ini.

Salah satu kutipan yang pernah saya baca, “I determined never to stop until I had come to the end and achieved my purpose.”

2.     Passion

Memang bukan hal yang mutlak untuk tahu apa passion kita. Bahkan ketika kita bergabung di suatu organisasi dengan tertentu, sangat mungkin kita akan menemukan passion kita yang lainnya. Organisasi adalah sarana untuk belajar dan menggali lebih apa yang menjadi minat kita. Selain itu, dengan bekerja dan terlibat sesuai passion, akan membuat kita melakukan tanggung jawab kita dengan senang hati.

Misalnya jika kita memiliki passion public speaking dan kita berkuliah di fakultas teknik, tidak apa-apa. Ambilah posisi public relation di organisasi. Yakinkan orang bahwa apa yang kita pilih adalah hal yang kita sukai. Dan kita mau bekerja lebih untuk itu.

3.     Komitmen

Komitmen menentukan seberapa besar integritas kita. Apakah kita dapat memberikan peforma baik di organisasi atau justru hilang-hilangan tanpa memberi kontribusi berarti. Komitmen diperlukan agar kita tetap melakukan apa yang menjadi tanggung jawab kita, pilihan kita dengan sebaik-baiknya. Ingatlah apa tujuan sebelum memutuskan bergabung di organisasi ketika sudah mulai merasa lelah atau bosan.

4.     Manajemen waktu


Ketika kita sudah bergabung dan terlibat, otomatis 24 jam waktu kita setiap harinya harus kita bagi adil sesuai dengan prioritas. Organisasi memaksa kita untuk mengatur waktu agar dapat menyeimbangkan kewajiban lain kita seperti akademik dan keluarga. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berkomitmen atau memberikan peforma yang tidak baik dengan alasan tidak punya waktu. Karena kita pun sama-sama memiliki kewajiban masing-masing dan waktu yang sama, yakni 24 jam setiap harinya.

You Might Also Like

1 comments

  1. Yes, ikutan organisasi dalam dan luar kampus itu perlu banget, soalnya kita bisa punya jaringan luas. Seperti pepatah bilang, silaturahim itu memperbanyak rezeki. Nah, salah satunya dari memperkaya jaringan. Hehehehe *jadi sotoy*

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe