Buku Terbaik yang Aku Baca di Tahun 2011

12/31/2011 12:00:00 PM

Kemarin iseng - iseng buka twitter sampai beberapa page. Sampai akhirnya aku nemuin twitternya goodreads.com (@bacaituseru). Ada pertanyaan di dalam twitter @bacaituseru yang intinya, "Sebutkan 3 buku terbaik yang kamu baca di tahun 2011 ?" Menurutku, enggak bakal cukup kalau cuma tiga. Makanya, aku akan share beberapa buku yang cukup bagus (menurutku) untuk dibaca.
Tahun 2011, cukup banyak buku bagus yang aku baca. Mulai dari pinjeman, beli sendiri, bahkan hadiah sekalipun. Kebanyakan buku yang aku baca adalah novel yang udah jadi best seller. Atau malah semua ya ? hehe. 

Well, ini dia buku terbaik yang aku baca di tahun ini :

1.  5 Cm - Donny Dirghantoro

Sebelumnya, terimakasih untuk anda yang telah memberikan buku ini secara cuma - cuma kepada saya, hihi. 

Secara keseluruhan, buku ini merupakan buku yang luar biasa. Bercerita tentang betapa hebatnya mimpi dan Indonesia (lebih khususnya keindahan gunung Semeru) serta bagaimana kita belajar menyikapi kehidupan.

Bagian yang aku suka dari novel ini adalah banyak quotes yang begitu hebat. Beberapa diantaranya, :
- Kalo lo dikritik, buat cetak biru dipikiran lo. Kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah megorbankan rasa nggak enaknya ke kita, semata - mata untuk apa ? Cuma biar kita lebih baik !
- Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi - mimpi dan keyakinannya adalah mereka tinggal mempercayainya.
 -  Manusia tanpa mimpi enggak lebih dari seonggok daging yang punya nama.
Selain itu, hal lain yang aku suka dari novel ini, adalah percakapan cerdas antara lima orang sekawan yang menjadi tokoh utama novel. Tapi sayang, ada satu bagian yang menurutku sangat aneh di dalem novel ini, yaitu bagian akhir yang tiba - tiba menceritakan mereka reuni, membawa anak - anak mereka, lalu melakukan upacara secara bersama - sama. Tapi overall, buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca :)

 Untuk melihat buku - buku selanjutnyaaa, klik saja "See More And Happy Blogging ^^" dibawah komentar ..



2. Negara 5 Menara - Ahmad Fuadi

Buku ini terinspirasi bagaimana suka duka kehidupan penulis (Ahmad Fuadi) ketika menempuh tingkatan sekolah menegah atasnya di sebuah pondok pesantren di Gontor, Jawa Timur.

Satu hal yang selalu dan terus didengungkan di novel inspiratif ini adalah man jadda wajjada (siapa yang bersungguh - sungguh pasti akan berhasil).

Novel ini memberikan suatu gambaran yang gamblang tentang bagaimana kehidupan yang menarik di dalam sebuah pondok pesantren. Alif sebagai tokoh utama novel ini yang sebelumnya terpaksa untuk bersekolah di pondok pesantren akhirnya merasa sangat bersyukur karena telah mencicipi bagaimana asam manis pahit bersekolah di sana.

Bagian yang aku suka di novel ini adalah deskripsi (tempat, suasana, waktu) penulis yang terperinci dan sangat menarik dalam menceritakan setiap penggal, setiap bagian kisahnya.


3. Ranah 3 Warna - Ahmad Fuadi

Sebelumnya, terimakasih untuk anda yang telah menghadiahkan novel ini untuk saya :3

Novel kedua Ahmad Fuadi, masih menceritakan tentang tokoh utama dalam novel pertamanya, Negara 5 Menara yaitu Alif.

Ranah 3 Warna, menceritakan Alif yang mampu keluar dari Maninjau (daerah asalnya). Tiga tempat yang dimaksud yaitu Bandung, Mesir (kalau nggak salah, aku lupa !) dan Amerika.

Jika man jadda wajjada menjadi pegangan Alif selama berada di Pondok Madani. Maka, pada novel kedua ini ditekankan mantra yang kedua, yaitu man shabara zhafira - siapa yang bersabar akan beruntung.

Secara pribadi, novel ini menarik untukku karena mampu memberikan gambaran awal untukku bagaimana bisa pergi ke luar negeri (dengan beasiswa tentunya) serta bagaimana langkah awal Ahmad Fuadi dalam menjadi seorang jurnalis.

Konflik - konfliknya, pendeskripsiannya serta perjuangannya benar - benar inspiratif ! :)


4. 9 Summers 10 Autumns - Iwan Setyawan

Novel ini menceritakan bagaimana Iwan Setyawan dari seorang anak supir angkot yang hidup secara sederhana di Malang, Jawa Timur hingga menjadi direktur di New York, Amerika.

Menurutku, gaya penulis dalam bercerita sedikit berbeda dari penulis - penulis pada umumnya. Seperti ada dua cerita di dalam novel. (cerita berbingkai).

Saya menyukai isi dari novel ini. Segi penyampaiannya, pendeskripsiannya, pengetahuan baru tentang hal yang aku tidak tahu serta kutipan - kutipan yang cukup menarik dan menggugah.

Banyak pula tersemat kata indah, puisi yang berbasis realita tidak semata mimpi atau imajinasi belaka. Berkenalan dengan Dostoevsky’s sampai mengingat bung Chairil Anwar.

Beberapa kutipan dari novel ini yang cukup menarik bagiku :
- Meja itu adalah furnitur terbagus di rumah ini dan menjadi tabungan kami. Meskipun marmer itu sudah retak-retak, impian ini masih menyala dan kami tetap menyimpannya. Nilai-nilai inilah yang membuatku yakin bahwa impian haruslah menyala dengan apapun yang kita miliki, meskipun yang kita miliki tidak sempurna, meskipun itu retak-retak
 - Aku tak bisa memilih masa kecilku. Masa kecilku mungkin tak seindah dan selepas mereka, tapi kehangatan di bawah rumah kecilku telah menyelamatkanku. Jalan hidupku mungkin akan berbeda, I would have been so lost, tanpa kesederhanaan ibu, tanpa perjuangan keras Bapak, tanpa cinta yang hangat dari saudara-saudaraku. Memori masa kecil membuat aku bijak dalam mengenal diriku yang sekarang.
You must know that there’s nothing higher, or stronger, or sounder, or more useful afterwards in life, than some good memory especially a memory from childhood, from the parental home. You hear a lot said about your education, yet some such beautiful, sacred memory, preserved from childhood, is perhaps the best education. If a man stores up many such memories to take into life, then he is saved for his whole life. And even if only one good memory remains with us in our hearts, that alone may serve some day for our salvation [Dostoevsky’s – the Brother Karamazov]
Overall, buku ini highly recomended lah ! hihi


Cukup memeras otak untuk mengingat setiap penggal cerita dalam novel - novel tersebut. Karena diantaranya, sedang tidak berada di rumah. Sedikit review buku yang aku baca di tahun 2011 selain empat novel tersebut (recomended juga !) :
  • Sebelas Patriot - Andrea Hirata
  • Mawar Merah - Luna Torashyngu
  • Madre - Dewi 'Dee' Lestari
  • Karena Cinta Itu Sempurna - Indi
  • Hafalan Shalat Delisa - Tere Liye

nb : saya sudah capek untuk memeras otak kembali mengingat cerita dalam novel - novel lainnya, hihi. Bagi anda yang belum membaca, biasa search di google atau search engine yang lain, :)


Apa buku terbaik yang kamu baca di tahun ini ?

You Might Also Like

9 comments

  1. haha... setuju bangeet. aku aja jadi kepengen naik gunung gara2 baca 5 cm.

    kalo aku, buku yang bagus di tahun 2011 menurutku...
    You Are Not Alone - 30 Renungan tentang Tuhan & Kebahagiaan, karya Arvan Pradiansyah.
    itu buku keren banget lho.. baca deh. ga nyesel.

    BalasHapus
  2. Buku terbaikku :

    1. Malam Cahaya Lampion -Tan Liu Lie, recomended
    2. Life Changer -Mario Teguh, hampir satu tahun, tapi belum selesai bacanya --'
    3. time with God -Jean Fleming, higly recomended
    4. Psyche -Audifax, tak ada komentar untuk buku ini selain : bingung... tapi kereeen filosofinya :D

    BalasHapus
  3. @maskupil. bangeeeeet :3 tapi sayang, buku keduanya nggak semenarik 5 cm #nyeseludahbeli . yaaah. saya tampung deh, harus banyak menabung \o/

    @kur . antologi puisi itu semua jangan - jangan :D

    BalasHapus
  4. aku malah belom baca buku yg keduanya. hehe..
    itu buku yg aku rekomendasikan ada kok di gramedia. daripada buat beli yg enggak2 mending buat beli buku itu aja.. bagus lhooooooooooooooooooooooooooooooooooooo..........................

    BalasHapus
  5. kenapa buku yang direview diatas belum pernah aku baca ya? -________-
    aduh, harus mulai banyak baca buku dari genre yang lain nih...

    BalasHapus
  6. bukan bukan, antologinya cuma punya tan liu lie

    BalasHapus
  7. @maskupil . iyaaah, nabung nabung yan !
    @Pak Ilyas . kyaaa, jangan majalah ternak mulu yang dibaca -,-
    @kur . hihi, okeeee

    BalasHapus
  8. MAJALAH TERNAK? WHAT THE HEN!
    -______-
    iya, kudu ngumpulin mood bagus buat baca buku genre ginian....
    biasanya baca buku RadityaDika dan semacamnya lah.... *benerin sarung*

    BalasHapus
  9. ian aku baru buka blogg lg ni :D ajarin edit dong ^^

    BalasHapus

Subscribe by Email

Subscribe